Panduan Memilih Jurusan atau Program Studi

KENALI DIRI ANDA SEBELUM MENGENALI YANG LAIN
Ada beberapa pinsip dasar yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan pilihan, apalagi bila berhubungan dengan perjalanan hidup di masa depan, diantaranya program pendidikan ditekuni, seperti memilih jurusan atau program studi saat akan memasuki bangku perkuliahan.
Disamping faktor prestasi, yang perlu dipertimbangkan adalah :
  1. Hobi dan kesenangan. Jika anda memilih berdasarkan hobi dan kesenangan maka dalam menekuninya anda akan merasa semangat, tidak mudah putus asa, dan yang lebih utama adalah menyenangkan (enjoy)
  2. Kemampuan. Jika anda memilih berdasarkan kemampuan, maka dalam menekuninya anda tidak akan merasa terbebani (dengan catatan anda tidak salah menilai kemampuan sendiri). Anda akan dapat menyelesaikan studi dengan lancar.
  3. Kepribadian. Penekanannya pada pengenalan tipe kepribadian sendiri, sehingga apa yang sedang atau akan anda lakukan tidak bertentangan dengan ’kebiasaan’ anda sehari- hari.
  4. Kebutuhan. Memilih berdasarkan kebutuhan tidaklah sulit, tetapi anda diharapkan untuk menentukan kebutuhan yang terpenting/ utama diantara beberapa kebutuhan, maka pikir dan hitunglah dengan matang. Jangan lupa untuk mempertimbangkan kebutuhan anda sendiri dalam jangka pendek dan jangka panjang.
  5. Tujuan. Menetapkan pilihan berdasarkan orientasi atau tujuan yang anda tentukan sendiri membuat anda tidak akan kehilangan arah dalam menjalaninya. Anda akan tetap semangat dan memotivasi diri sampai tujuan anda tercapai, kecuali anda salah dalam menetapkan tujuan.
  6. Keadaan. Usahakan jangan memaksakan diri untuk memilih departemen karena dipengaruhi oleh berbagai situasi saat ini. Pikirkan situasi 4 tahun ke depan saat anda menjadi sarjana.
  7. Keinginan. Arahkan ambisi anda untuk melihat hal- hal yang realistis, sehingga anda tidak terbuai oleh mimpi- mimpi yang anda khayalkan.
  8. Salat Istikhoroh dan berdoa agar diberikan petunjuk dan pilihan yang terbaik.
Selamat mencoba...
Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
yudcp
AUTHOR
14:55 delete

assalamualaikum,
mas saya ijin copas artikel buat tugas blog. terimakasih banyak. jika tidak berkenan akan saya hapus

Reply
avatar